Alternator Rusak??

  Ditulis pada Oct 09, 2010 // Pribadi.  

Gara-gara kemarin mobil macet pas hujan dan ternyata setelah di cek sana-sini termasuk ganti aki baru ditemukan masalahnya juga “Alternator” matot (baca mati total), akhirnya dicarilah referensi dengan nanya mbah Google soal masalah ini & dapet jg jawabannya. So cekidot yah…
Alternator (dinamo ampere/dinamo charge) merupakan komponen pembangkit listrik dalam rangkaian mesin sebuah mobil. Karena itu, upaya mengetahui optimasi kerja komponen alternator sangat penting. Tidak berfungsinya alternator bisa menyebabkan aki kekurangan listrik.

Tentu saja, bila itu terjadi mobil pun akan ngadat, sulit di-starter. Alternator biasanya hanya tampak sebagai komponen berbentuk bulat yang diputar dengan vanbelt. Komponen ini akan mengeluarkan panas berlebihan bila terjadi sesuatu kesalahan. Berikut ini ada beberapa penyebab yang menimbulkan kerusakan alternator.

Penyebab pertama, akibat masuknya arus listrik dengan jumlah voltage yang berlebihan. Kerusakan seperti ini dapat terjadi bila seseorang melakukan jumper, yakni upaya men-starter mesin dengan menyambungkan aki lain karena aki mobil tersebut lemah arus listriknya. Selain itu, bisa juga akibat dilepasnya kabel yang menuju ke aki saat mesin hidup.

Masalah lain yaitu tidak berfungsinya diode trio yakni komponen yang berfungsi mengubah arus AC menjadi DC. Sebab, kalau salah satu saja diode rusak, alternator pun tidak akan bekerja maksimal. Kondisi inilah yang menyebabkan dapat bertambah terangnya nyala lampu hanya bila putaran mesin makin kencang.

Penyebab lain, rusaknya bantalan kumparan yang menjadi salah satu bagian penghasil listrik. Kerusakan ini biasanya menyebabkan tidak berfungsinya alternator sama sekali.

Agar alternator tetap berfungsi dengan baik, lakukanlah perawatan sederhana. Caranya bersihkan alternator dengan cara menyemprotkan angin melalui celah-celahnya.

Selain itu, jaga tingkat kekencangan vanbelt sesuai dengan buku petunjuk mobil. Tingkat kekencangan vanbelt banyak berpengaruh terhadap listrik yang bakal dihasilkan. Jika vanbelt terlalu kendur, pasokan listrik akan kurang.

Jika alternator menunjukkan gejala kerusakan, segera bawa kepada ahlinya untuk diperbaiki. Hal yang penting, kalau ingin mencopot alternator untuk dibersihkan atau agar mudah dibawa ke bengkel, jangan lupa sebelumnya harus mencopot kabel yang menempel ke aki.