Bisnis Online Google

  Ditulis pada May 15, 2008 // Pribadi.  

11.jpgPernahkah anda mampir ke sebuah situs mesin pencari dengan nama google.com? Tahukah anda berapa kekayaan Google saat ini? Kekayaan Google dari nilai saham saja kini bernilai 33 milyar US dollar, namun tahukah anda dari manakah asal uang tersebut? Google pada awalnya mulai dikenal sebagai mesin pencari (search engine) di dunia maya, namun saat ini bisnis mereka bukan hanya berkutat pada mesin pencari saja, tapi menggurita menjadi berbagai aplikasi yang mendominasi dunia internet layaknya Microsoft mendominasi dunia PC.

Keunggulan Google dibanding Microsoft sang raksasa penguasa dunia piranti lunak masa kini, adalah kenyataan bahwa kiprah bisnis Google berjalan diatas 2 pijakan yakni dunia piranti lunak dengan algoritma mesin pencarian inovatif model Page Rank System serta dunia perangkat keras yakni ribuan server komputer rakitan sendiri yang amat efisien dalam konsumsi daya namun berkemampaun kinerja amat tinggi yang dijalankan dengan aplikasi antar-muka komputer hasil rekayasa para insinyur Google sendiri.

Baiklah, sebelum kita bahas lebih jauh cerita sukses dari Google ini, marilah kita lihat dahulu perjalanan panjang google hingga menjadi sebuah tambang dolar yang tak kunjung surut.

Google pada awalnya lahir oleh sebuah pertemuan tanpa disengaja dari Larry Page (saat ini menjabat sebagai president of products Google) dan Sergey Brin (president of technology google) di Universitas Stanford, California. Page dan Brin yang waktu itu sama-sama masih berstatus mahasiswa program studi doktoral yang kebetulan ditempatkan pada
ruangan kerja Room Gates 360 W.Gates Dept. Computer Science, Universitas Stanford yang tidak lain menyandang nama donatur pemberi dana ‘sumbangan pembangunan gedung’ ialah : Bill Gates sang pendiri Microsoft.

Pada bulan januari 1996 Lary dan Sergey mulai melakukan kerjasama dalam membuat sebuah mesin pencari (search engine) yang saat itu diberi nama BackRub. Kemudian pada tahun 1998, teknologi mesin pencari tersebut terus di sempurnakan, hingga akhirnya keduanya sepakat mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari yang mereka buat tersebut.

Suntikan dana akhirnya datang dari teman sekampus sekaligus pendiri Sun Microsystem, Andy Bechtolsheim. Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS, yang uniknya dalam cek tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Larry dan Sergey sebelumnya pernah menawarkan kemungkinan kerjasama dengan Alta Vista, namun ditolak dengan alasan perusahaan induk dari Alta Vista yaitu Digital Equipment Corp tidak suka bergantung pada orang dari luar perusahaan.

Kemudian investor di Silicon Valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) yang saling berkompetisi saat itu akhirnya bisa diyakinkan untuk menyuntik modal senilai 12,5 juta dolar AS ke perusahaan Google yang pada 7 desember 1998 resmi didirikan.

Kantor pertama Google adalah sebuah ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada tahun 1999, kemudian Google pindah ke sebuah kantor di 165 University Ace Palo Alto California sebelum akhirnya pindah ke sebuah tempat yang biasa disebut dengan Googleplex pada akhir tahun tersebut.

Larry dan Sergey terus menjalankan mesin pencari Google hingga tahun 2001 hingga mereka merekrut Eric E. Schdimt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google hingga saat ini.

Di tangan Eric E. Schdimt ini Google kini menjadi perusahaan yang paling berpengaruh di Internet, salah satunya dikarenakan situs penyedia layanan blog gratis yaitu Blogger.com sudah dikuasai oleh mereka. Googleplex Campus di Mountain View, California menjadi tempat kerja yang sangat nyaman, karena dilengkapi sarana dan prasarana yang lengkap seperti kolam renang, bar, billiard room, futsal, voli pantai, makanan gratis, minuman kesehatan cuma-cuma, dan cemilan yang melimpah. Belum lagi suasana kerja yang rileks karena karyawan google diperbolehkan hanya mengenakan kaus dan celana jeans sewaktu mereka bekerja, sehingga apabila ketika kita datang ke googleplex dan melihat sesorang yang mengenakan pakaian resmi, jas dan semacamnya, dapat dipastikan dia adalah seorang tamu.

Satu lagi yang menarik, di Google diterapkan sebuah sistem unik dimana karyawan diberikan 20% dari waktu kerja mereka untuk bebas mengerjakan apa yang di minatinya (dalam 1 minggu sehari). Sehingga kreativitas karyawan meningkat, dan lahirlah berbagai layanan google seperti google earth dll. Dengan kata lain bahwa google sangat konsen pada sumber daya manusia yang mereka miliki.

Sebuah artikel yang ditulis oleh seorang wartawan dari Fortune, Freg Vogelstein, berjudul “Why Google Scares Bill Gates” menjelaskan persaingan antaran Google dengan Microsoft. Ini membuktikan betapa hebatnya bisnis Google saat ini, sehingga raksasa seperti Microsoft yang sudah berusia 25 tahun lebih, menerapkan berbagai strategi untuk bersaing dengan google. Ini terlihat nyata, dengan rencana Akusisi Yahoo.com oleh Microsoft baru-baru ini, meskipun akhirnya kandas.

Di balik itu, Google juga melakukan kerja-kerja filantropis (sosial) dengan mendirikan Google.org yang di ketuai oleh Dr. Larry Brilliant. Misi dari organisasi sosial ini adalah membantu kampanye tentang masalah perubahan iklim, pemanasan global, kesehatan, kemiskinan global dan kegiatan social sejenisnya.