Boot Sector Virus

  Ditulis pada Mar 10, 2008 // Virus.  

Apakah boot sector itu? Seluruh disk dan hard drive dibagi dalam bagian kecil (sector). Bagian pertama (first sector) dinamakan boot sector dan berisi Master Boot Record (MBR). MBR berisi informasi mengenai lokasi dari partisi dalam drive dan membaca partisi system operasi yang bootable. Selama masa booting dalam computer yang berbasis DOS, BIOS akan mencari beberapa file sistem, IO.SYS dan MS-DOS.SYS. ketika ditemukan, BIOS kemudian mencari bagian pertama (first sector) dalam disk atau drive tersebut dan mengambil informasi Master Boot Record yang diinginkan ke dalam memori. BIOS melewatkan kontrol pada program dalam MBR yang akan menampilkan IO.SYS. File tersebut yang bertanggung jawab untuk menampilkan system operasi yang bersangkutan.

Apakah boot sector virus? Boot sector virus adalah sebuah virus yang menginfeksi bagian pertama (first sector) sebuah drive, sebagai contoh pada sebuah floppy disk atau hard drive. Boot sector virus dapat juga menginfeksi MBR. Virus komputer pertama adalah Brain, sebuah boot sector virus yang menggunakan teknik menghilangkan diri untuk menghindari deteksi antivirus. Brain juga mengubah volume label dari disk drive.

Menghindari boot sector virus. Biasanya floppy disk yang terinfeksi dan beberapa infeksi virus boot sector adalah hasil dari “shared” disket dan software bajakan (pirated software application). Sebenarnya sangat mudah menghindari virus boot sector ini. kebanyakan virus jenis ini menyebar ketika user dengan kurang hati-hati meninggalkan floppy disk mereka dalam drive yang kebetulan telah terinfeksi dengan boot sector virus. Ketika mereka boot up PC mereka, virus langsung menginfeksi local drive computer tersebut. Cara menghindarinya adalah mengganti boot sequence dalam BIOS komputer yang digunakan sehingga system akan booting dari local hard drive (C:\) atau CD-ROM drive.