Buka Email di Outlook 2003

  Ditulis pada Jul 23, 2010 // Tutorial.  

Microsoft Outlook terkenal sebagai salah satu software personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari Microsoft Office suite. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.

Salah satu tujuan Microsoft adalah membuat program surat-e yang mudah digunakan. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment surat-e. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara mengintegrasikan Microsoft Outlook 2003 dengan akun email yang anda miliki (akun pop3 mail) di webserver.

  1. Bukalah Microsoft Outlook anda dari Start – Programs – Microsoft Outlook 2003
  2. Akan tampil tampilan seperti pada gambar, kemudian centang pilihan “Yes” untuk melanjutkan konfigurasi, dan lanjutkan dengan memilih tombol “Next”

  3. Pilih type server dalam jendela baru yang terbuka (pop3 atau sesuaikan dengan pilihan server yang anda gunakan)

  4. Masukkan informasi akun email anda sesuai dengan yang anda miliki dalam user information (Nama dan aamat email), Server information (anda bisa menanyakan pada administrator web anda untuk informasi server ini), dan Logon information (user nama dan kata sandi sesuai dengan akun email anda)

  5. Klik tombol “Test Account Settings” untuk mencoba setting akun email anda sebelum anda melanjutkan dengan pilihan tombol “Next”

  6. Langkah terakhir adalah dengan memilih tombol “Next” untuk mengakhiri konfigurasi. Dan secara otomatis Microsoft Outlook akan langsung mendownload seluruh email anda ke dalam komputer anda.

  7. Selamat mencoba…