Cara download .swf dari website dengan Chrome dan Firefox

  Ditulis pada Nov 23, 2012 // Tutorial.  

Bagaimana cara download file SWF (animasi flash) dari website menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox?
Langsung aja gan.. cekidot…

Mozilla Firefox

  1. Klik kanan latar (background) dari halaman web yang memainkan animasi flash (.swf). Jangan klik kanan pada animasi flash (swf) atau link dan gambar yang memiliki hyperlink (tombol)!
  2. Seleksi ‘View Page Info’ dari menu klik kanan tersebut. Sebuah jendela akan terlihat setelah itu.
  3. Klik pada tab ‘Media’ di atas jendela baru tersebut.
  4. Lihat pada kotak alamat yang ada (address box) hingga anda menemukan alamat url dengan ekstensi file ‘swf’. Perhatikan kembali apakah alamat tersebut adalah alamat dari file yang anda cari. Beberapa halaman mungkin memiliki banyak (lebih dari 1) file dengan tipe .swf sehingga anda harus mencari dengan teliti sebelum mulai mendownload dile tersebut.
  5. Klik pada file .swf yang anda inginkan, kemudian klik tombol ‘Save As’, dan akhiri langkah dengan memilih tempat penyimpanan file tersebut dalam computer anda. Selamat mencoba.

Google Chrome

  1. Klik kanan latar (background) dari halaman web yang memainkan animasi flash (.swf). Jangan klik kanan pada animasi flash (swf) atau link dan gambar yang memiliki hyperlink (tombol)!
  2. Pilih ‘Inspect Element’ dari menu klik kanan paling bawah. Kemudian akan terbuka sebuah jendela atau docked window pada layar anda.
  3. Pilih tab ‘Element’ di sebelah kiri layar. Kemudian klik shortcut ‘Ctrl+F’ untuk masuk ke kolom pencarian.
  4. Ketikkan ‘.swf’ dalam kolom pencarian (search bar) di sebelah kanan atas tampilan kemudian klik tombol ‘enter’ pada keyboard. Biasanya hasil pertama pencarian adalah alamat file yang diinginkan, namun kadang perlu beberapa klik ‘enter’ untuk mencari file sesuai dengan yang anda cari. Ketika anda menekan tombol ‘enter’ kode akan terseleksi pada instance untuk ekstensi file .swf yang anda maksud.
  5. Klik pada alamat file .swf (alamat yang dapat di klik) hingga file animasi terbuka pada sebuah tab browser dan berisi animasi yang anda ingin download.
  6. Klik pada tombol di bagian atas kanan browser (tombol kustomisasi dan control), kemudian pilih tombol ‘Save page as’ untuk mendownload file animasi .swf tersebut pada computer anda. Selamat mencoba!