Definisi IPTV

  Ditulis pada Jan 21, 2011 // Artikel.  

Menurut Burget, R dan Komosny (2009) Internet Protocol Television (IPTV) adalah layanan dimana data dari sinyal televisi digital ditransmisikan melalui Internet Protocol. Teknologi ini dianggap lebih murah dan efisien dibandingkan dengan teknologi siaran yang ada sekarang (menggunakan coaxial cable dan atau televisi satelit) karena dianggap tidak perlu membangun infrastruktur baru (menumpang pada jaringan internet yang sudah ada sekarang)
Penyediaan jasa IPTV menggunakan IP network berimplikasi positif pada efisiensi penggunaan jaringan. Dalam jaringan IP trafik dapat diatur sedemikian rupa sehingga beberapa jenis paket bundling bisa dilewatkan di atasnya. Selain itu terdapat kelebihan yang secara signifikan membedakan IPTV dari TV konvensional adalah dapat disediakannya layanan yang bersifat interaktif seperti Video on Demand, tidak seperti siaran TV lama yang lebih bersifat broadcast satu arah saja.
Dasar dari layanan IPTV adalah triple play, dimana data, video, voice, dapat dipertukarkan di dalam jaringan tempat layanan di kirimkan.
IPTV tidak hanya menyediakan jasa video, beberapa layanannya meliputi:

  1. Broadcast Services (BC) : adalah live TV dan radio channel yang dikirimkan secara broadcast atau multicast melalui jaringan.
  2. Personal Video Recorder (PVR), adalah alat perekam yang akan merekam siaran untuk diputar di lain waktu.
  3. Network Persoanal Video Recorder (NPVR), versi jaringan dari PVR, NPVR tidak mesti ditempatkan di rumah pelanggan.
  4. Elektronic Program Guide (EPG), adalah layanan yang memberikan info program-program yang sedang berlangsung dan program-program kedepan dari layanan.
  5. Information Services, layanan bersifat informasi, berita, laporan cuaca dll. Interactive TV, TV show, dimana pelanggan bisa secara interaktif berinteraksi dengan Interactive Applications. Layanan lain dari service ini adalah Broadband Applications, video conferencing, e-Learning, dan security monitoring.

Pustaka :

Burget, R dan Komosny, D (2009), Realtime control protocol and its improvements for Internet Protocol Television, Department of Telecommunications, Faculty of Electrical Engineering and Communication UT Brno. http://www.dinesgroup.org/projects/images/pdf_files/rtcp_improvements_iptv.pdf