Gambar untuk Mendeteksi Melanoma

  Ditulis pada Aug 28, 2008 // Artikel

Para peneliti dari laboratorium Intel di Pittsburgh saat ini tengah bekerja dengan para dokter dalam sebuah proyek untuk membuat sebuah alat yang akan membantu dalam mendiagnosis kanker kulit. Dalam IDF di San Francisco minggu ini (22 agustus), mereka mendemonstrasikan proyek mereka tersebut. Begitu sebuah foto digital pada kulit yang terluka di tangkap, maka para dokter dapat menggunakan gambar tersebut untuk dapat memberi jawaban akan kasus yang sama dari sebuah database skala besar tentang berbagai luka pada kulit yang telah di diagnosa. Dengan adanya akses pada koleksi data tersebut, para dokter akan mendapatkan lebih banyak informasi untuk merawat pasien mereka.
ISADS (Interactive Search Assisted Decision Support) memiliki tujuan untuk memudahkan para dokter untuk membuat berbagai keputusan tentang sebuah kasus dengan memberikan keterangan lengkap akan berbagai kasus dari penyimpanan data medis. Tidak seperti sistem yang membuat keputusan untuk para dokter, ISADS adalah sebuah tool untuk untuk pencarian dan perbandingan terhadap gambar medis dengan keterangan yang lengkap, dimana data yang diambil di dasarkan pada isi gambar bukan dari data teks atau metadata.
Mei Chen (salah satu peneliti ISADS) menyebutkan bahwa proyek ini salah satunya adalah digunakan untuk mendeteksi melanoma. Melanoma adalah jenis kanker kulit paling fatal, dan indikasinya makin meningkat di Amerika Serikat. Untuk membuat sebuah aplikasi untuk praktek klinis nyata para peneliti berkolaborasi dengan para dokter dari University of Pittsburgh http://www.upmc.com/home.htm untuk membuatnya sesuai dengan alur kerja secara klinis.



Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!