Instalasi WordPress

  Ditulis pada Apr 12, 2008 // Wordpress

Pertama yang harus anda siapkan sebelum membuat template WordPress adalah menginstall sebuah web server dan database server di dalam komputer yang akan digunakan, ini dikarenakan script WordPress yang digunakan bersifat server script dimana memerlukan sebuah web server agar situs web yang dibuat dapat dilihat di dalam browser komputer tersebut. XAMPP adalah sebuah aplikasi instan dan lengkap dikarenakan segala yang anda butuhkan untuk membuat sebuah situs web dengan WordPress terdapat di dalam aplikasi ini.
Anda dapat mengunduh seri terbaru dari aplikasi XAMPP ini pada alamat http://www.apachefriends.org. Rilis terbaru yang penulis dapat adalah XAMP Windows versi 1.6.1 yang juga tersedia dalam CD program lampiran buku ini. Dalam XAMPP versi ini berisi MySQL 5.0.37, PHP 4.4.6, OpenSSL 0.9.8e, phpMyAdmin 2.10.02, FileZilla FTP Server 0.9.23, ZEND Optimizer 3.2.4 yang beroperasi dalam Sistem Operasi Windows.

Adapun sistem minimal yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan aplikasi ini adalah 64 MB RAM, 300 MB ruang kosong dalam hard disk, Sistem operasi Windows 98, ME, Windows NT, 2000, atau XP.
Berikut adalah menginstall aplikasi XAMPP di dalam komputer kita. Setelah itu install WP dalam komputer kita.
Wordpress adalah sebuah aplikasi CMS pembuat web blog yang paling banyak digunakan saat ini. Anda dapat mengunduh seri terbaru dari aplikasi ini pada situsnya di alamat http://wordpress.org. Namun sebelum anda menginstall WordPress terlebih dahulu anda harus membuat database tempat data WordPress tersebut akan disimpan.
Extractlah file wordpress-2.2.zip ke directory C:\xampp\htdocs\wordpress (buatlah terlebih dulu folder wordpress tersebut jika belum ada).
Bukalah browser anda, dan ketikkan alamat di kolom address menjadi http://localhost/wordpress.
Kali pertama sebelum anda menggunakan wordpress untuk membuat web blog, anda akan disuruh membuat sebuah file wp-config.php. Setelah itu akan terlihat sebuah pesan peringatan tentang informasi database yang akan anda masukkan dalam web blog anda. Kemudian klik tombol let’s go! Untuk melanjutkan. Isikan Nama Database, User Name, Password (jika ada), Database host, dan Table Prefix jika anda akan menjalankan beberapa instalasi wordpress dalam sebuah database MySQL. Isikan informasi ini sesuai dengan database yang telah anda buat pada bagian sebelumnya kemudian pilih tombol Submit. Sebagai contoh isikan WordPress pada Nama Database, Root pada User Name, kosongkan kolom Password, isikan Localhost pada Database Host, dan kosongkan Table Prefix. Berikutnya akan terlihat jendela konfirmasi tentang apa yang telah anda buat, pilih tombol installing now untuk melanjutkan proses instalasi WordPress. Akan terlihat sebuah jendela baru berisi konfirmasi atas proses instalasi anda. Pilih tombol First Step untuk melanjutkan. Isikan judul web blog anda pada kolom Weblog title, kemudian isikan juga email anda pada kolom Your e-mail. Setelah itu pilih tombol Continue to next step untuk melanjutkan.
Setelah itu akan terlihat jendela konfirmasi tentang hasil instalasi WordPress dalam komputer anda. Anda dapat melihat hasilnya dengan membuka jendela baru dan melihatnya pada alamat http://localhost/wordpress atau dapat login pada halaman administrator pada alamat http://localhost/wordpress/wp-login atau dengan memilih tombol log in dengan memasukkan username dan password yang terlihat pada halaman ini.
Setelah anda memilih tombol log in maka akan terlihat jendela login administrator. Masukkan Username dan Password kemudian pilih tombol Login untuk masuk ke halaman Dashboard Administrator.



Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!