Koneksi Internet

  Ditulis pada Nov 22, 2007 // Pribadi

Seperti yang telah diketahui bersama, dalam beberapa minggu ini jika anda menggunakan fasilitas internet di kampus AKMI Baturaja baik menggunakan koneksi wireless 802.11b/g, ataupun jaringan kabel mungkin akan merasakan lambatnya koneksi ke jaringan internet yang diaksesnya, bahkan jika dilihat dari frekuensi pemakaian mungkin dapat dihitung dengan jari berapa menit konektifitas ke jaringan internet yang sering down tersebut setiap harinya.
Setelah hal ini dikonfirmasikan ke ISP yang menangani masalah ini didapat sebuah jawaban yang agak mengherankan bahwa pemasangan hardware berupa parabola yang seharusnya direct langsung menghadap ke satelit, namun pada waktu pemasangan ternyata parabola tersebut tidak di baut mati sehingga jika terkena angin atau hujan maka arah parabola tersebut juga akan bergeser sehingga menyebabkan terputusnya koneksi internet yang sedang di akses.

Saat ini Kampus AKMI Baturaja menggunakan koneksi VSAT via satelit yang seharusnya memiliki koneksi ke dalam jaringan internet yang memiliki bandwith jauh lebih besar dibanding koneksi dengan broadband radio.
Dan jika sebuah koneksi internet menggunakan bandwith yang besar, maka akan berimbas pada biaya yang harus dibayarkan per bulannya. Namun teori ini ternyata sedikit melenceng jauh dari yang diharapkan karena biaya yang dibayarkan tidak sesuai dengan koneksi yang didapatkan.

Agak mengherankan jika ini adalah sebuah jawaban dari sebuah operator internet yang cukup besar di Indonesia. Mungkinkah biaya yang dikeluarkan tidak berimbang dengan service dan pelayanan yang seharusnya didapat? Dan mungkin anda akan bertanya-tanya apakah layanan seperti ini yang seharusnya diberikan oleh sebuah operator internet kepada sebuah Akademi Komputer yang notabene haruslah memiliki basis koneksi internet yang cukup besar sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan di dunia IT yang nantinya juga akan berimbas pada pasar operator internet tersebut?

Bukti seluruh koneksi internet ini dapat dilihat dari gambar grafik koneksi yang didapat dari proxy yang digunakan di kampus ini.

grafix-proxy.JPG

grafix-proxy2.JPG



1 respon hingga saat ini, komentari?

  1. Wan Aprizal

    Pak budi bisa krm referensi koneksi VISAT di kampus N bagai mana cara Hacking Access Point. Tolong dong d ajarin langkah kerjanya. Saya sekarang di aceh N kebetulan di tempat mengajar menggunakan koneksi VISAT jaga internetnya. Salam Buat Staf AKMI Baturaja. Bisa krimin Alamat E-Mail pak Hendra Yudi, S.Kom, N Pak Budi jga. Klau saya ada kendala saya basa hub Kampus lg. Salam juga buat adx tingkat semuanya. Wan Aprizal Alumi AKMI TI / D3 / B.

Pingback/Trackback

Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!