Magento Oscommerce

  Ditulis pada Aug 21, 2010 // Magento.  

Untuk yang baru mengenal atau bahkan belum pernah sama sekali mendengar tentang Magento, mungkin artikel ini cukup bermanfaat sebagai referensi tentang perbendaharaan CMS (Content Management System) yang ada.

Mungkin tidak secepat CMS lain yang sudah tidak asing terdengar di telinga kita seperti Joomla Virtuemart, dan beberapa CMS lain yang dikhususkan untuk platform berbasis eCommerce, namun lambat laun kehadiran CMS ini menjadi salah satu platform berbasis eCommerce yang semakin digemari.

Magento adalah sebuah platform open-source terbaru untuk sebuah situs web yang berbasis pada penjualan elektronik secara online (online eCommerce atau shopping cart), dan merupakan platform eCommerce yang paling cepat berkembang saat ini. Disamping itu Magento adalah sebuah object-oriented PHP Framework yang dapat digunakan untuk membangun sebuah aplikasi web yang modern dan dinamis dengan berbagai fitur eCommerce yang biasa digunakan dalam sebuah website penjualan online saat ini.

Salah satu fitur yang paling diminati di dalam Magento adalah kemampuan untuk mengelola beberapa situs Web dan toko yang dibuat hanya dari satu back-end. Hal ini memungkinkan pemilik toko untuk mengelola toko pada URL yang berbeda, dengan tampilan produk yang sama dalam bahasa yang berbeda pada URL yang sama, bersama dengan berbagai setup lainnya. Jika Anda hanya akan menjual produk-produk Anda dari satu URL dalam satu bahasa saja, maka Anda tidak perlu menggunakan fungsi ini. Kemampuan unik inilah yang menjadi nilai lebih Magento dibanding CMS lain dalam memudahkan pengguna untuk memperluas pasar online ke negara-negara lain di dunia.

Magento dibangun diatas Zend Framework untuk memastikan bahwa kode inti yang dipakai akan selalu aman dan mudah diakses, hal ini dikarenakan Zend Framework menyediakan sebuah library kode berorientasi objek yang terintegrasi di dalamnya.

Magento dapat berjalan dengan baik dengan menggunakan system minimal sebagai berikut :
Sistem Operasi : Linux x86, x86-64
Web Server : Apache 1.3.x, Apache 2.0.x, Apache 2.2.x
Browsers : Microsoft Internet Explorer versi 6 keatas, Mozilla Firefox versi 2.0 keatas, Apple Safari 2.x, Google Chrome, dengan Adobe Flash browser plug-in yang sudah terinstal di dalamnya.
PHP : 5.2.13+
Extensions : PDO_MySQL, simplexml, mcrypt, hash, GD, DOM, iconv, curl, SOAP (jika API Webservice digunakan), Safe_mode off
Memory : tidak lebih rendah dari 256Mb (disarankan 512Mb)
MySQL : 4.1.20 atau lebih baru, InnoDB storage engine
SSL : Jika HTTPS digunakan di dalam admin, SSL certificate akan didukung, sedangkan Self-signed SSL certificates tidak akan didukungnya.

Anda dapat mengunduh file installer CMS ini pada alamat website : http://magentocommerce.com
Selamat mencoba.