Membuat Google Sitemap

  Ditulis pada Jun 07, 2008 // Web Design, Wordpress.  

Jika anda menggunakan WordPress, anda tidak perlu susah-susah lagi membuat sitemap Google dalam situs yang anda buat. Dalam WordPress anda dapat menggunakan sebuah plugin dengan nama Google XML Sitemaps. Plugin ini akan membuat sebuah Google sitemap compliant XML, yaitu sebuah sitemap untuk blog yang anda buat menggunakan WordPress. Plugin ini mendukung seluruh halaman yang dibuat menggunakan WordPress seperti pada halaman web biasa. Setiap anda mengedit atau membuat sebuah posting baru, maka sitemap akan diupdate dan seluruh mesin pencari utama yang mendukung protocol sitemap seperti ASK.com, Google, MSN Search dan YAHOO akan diberitahu tentang update yang dilakukan. Mudah bukan?

Installasi

  • Upload seluruh isi direktori plugin kedalam direktori wp-content/plugins
  • Gunakan program FTP yang anda sukai untuk membuat dua file dalam direktori WordPress (menjadi satu dengan wp-config.php) dan namai dengan sitemap.xml dan sitemap.xml.gz dan buatlah dapat ditulis (writable) dengan CHMOD 666. Membuat seluruh direktori blog menjadi writable tidak di rekomendasikan karena alasan keamanan.
  • Aktifkan plugin dalam halaman plugin administration
  • Buka halaman plugin configuration yang terletak dalam Options -> XML-Sitemap dan buatlah sitemap pertama kali. Jika anda mendapati sebuah pesan kesalahan tentang permission (permission error), maka cek pada file permission dari file yang baru saja dibuat.
  • Plugin akan secara otomatis meng-update sitemap dari tiap posting yang telah di publish.