Mengubah file Flash ke format AVI (Audio Video Interleave)

  Ditulis pada Jan 08, 2008 // Animasi/Multimedia.  

Jika anda membuat file animasi dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash, biasanya animasi tersebut akan di konversi menjadi sebuah file dengan ekstensi SWF secara otomatis jika anda menekan tombol Ctrl + Enter. File SWF ini hanya dapat dinikmati jika anda telah menginstal Flash Player sebagai aplikasi pemutar file SWF tersebut.
Namun jika anda ingin membuat animasi yang anda buat tersebut menjadi sebuah file Video seperti file AVI (Audio Video Interleave) yang nantinya akan dinikmati atau diputar pada media pemutar video seperti VCD atau DVD player, maka anda dapat menggunakan menu File > Export Movie (Flash MX) atau File > Export > Export Movie.
Namun sebelum anda merubah ke format AVI melalui menu tersebut, ada baiknya anda membaca tips berikut agar hasil file video yang anda buat menjadi maksimal.

  1. Kebanyakan file yang dihasilkan dengan cara ini mempunyai rasio yang berbeda dengan rasio video (file AVI) sehingga gambar pada file video yang dihasilkan menjadi pecah ketika dilihat dalam player. Ini dapat anda hindari dengan merubah ukuran lembar kerja Stage dalam Macromedia Flash menjadi ukuran video AVI yaitu 720 pixel pada ukuran width dan 576 pixel pada ukuran height, dan Frame rate menjadi 25 fps (frame per second). Barulah anda buat animasi dalam stage (lembar kerja) Flash tersebut.
  2. Setelah animasi selesai dibuat, kemudian barulah anda dapat memilih menu File > Export Movie (Flash MX), atau File > Export > Export Movie.
  3. Pada jendela Export Movie jangan lupa untuk uncheck (tidak memilih) tanda Maintain Aspect Ratio, barulah masukkan nilai 720px pada Width, dan 576px pada kolom height. Lalu pilih video format menjadi 32 bit/w … Kemudian lanjutkan dengan memilih tombol Export, dan seterusnya.