Netbook

  Ditulis pada Aug 09, 2008 // Review.  

Kata Netbook pertama kali dikenalkan oleh Intel pada bulan februari 2008 untuk mendeskripsikan sebuah kategori untuk fungsi subnotebook dengan ukuran kecil, harga murah, ringan, yang di optimalkan untuk akses internet dan kebutuhan akan fungsi core computing (seperti kebutuhan word processing) baik secara langsung dari aplikasi-aplikasi yang diinstal dalam netbook itu sendiri atau tidak secara langsung melalui cloud computing. Lebih dari 50 juta Netbook diharapkan akan diproduksi dalam tahun 2011.

Netbook adalah sebuah laptop kecil yang didesain untuk komunikasi wireless dan kebutuhan akan akses internet. Dengan harga berkisar antara $250, membuat Netbook sebuah pasar postensial dengan segmentasi pasar yang tinggi. Walaupun Netbook tidak didukung oleh fitur laptop secara keseluruhan namun pasar diharapkan akan tertarik dengan perangkat yang dibuat dengan harga yang murah yang diusungnya ujar Paul Bergevin

Perangkat seperti Acer Aspire One, Dell E, OLPC XO-1, One A110, HP 2133 Mini-Note PC, ASUS Eee PC, CloudBook, Classmate PC, MSI Wind PC, Lenovo S9 dan S10, atau VIA OpenBook adalah beberapa jenis Netbook yang telah diproduksi hingga saat ini.
Psion Netbook adalah jenis Netbook yang lebih awal yang dibuat berdasarkan pemikiran Intel dalam penggunaan nama Netbook ini. Kebanyakan perangkat Netbook diatas menggunakan prosessor jenis Intel Atom dalam memacu kinerja dari mesin ini namun ada juga yang menggunakan jenis prosessor VIA seperti HP 2133 Mini-Note PC dan VIA OpenBook. Jenis Netbook kebanyakan juga mengefisienkan fungsi yang diusungnya dengan meniadakan beberapa perangkat keras input seperti DVD dan menganti jenis penyimpanan dengan menggunakan jenis SSD seperti pada Acer Aspire One, dan ASUS Eee PC.