Nettop

  Ditulis pada Aug 11, 2008 // Review.  

Nettop adalah sebuah istilah yang dikenalkan oleh Intel untuk mendeskripsikan sebuah komputer desktop dengan harga yang murah “low-cost”. Contoh dari Nettop ini adalah CherryPal, Koolu, ASUS Eee Box, Linutop, Zonbu, dan gPC serta gPC mini yang dibuat oleh Everex. Sebagai perbandingan dari jenis Nettop ini biasa disebut sebagai Netbook. Asus Eee Box dan desktop MSI Wind PC adalah jenis Nettop yang sedang dalam pengembangan.

Prosesor Intel Atom kebanyakan diaplikasikan dalam sejumlah Nettop desktop untuk menghemat biaya pembuatan dari Nettop ini yang selanjutnya jenis ini disebut sebagai Atom Netbook. Contoh dari Atom Netbook seperti terlihat pada model Asus Eee PC notebook yang mengaplikasikan konsep Nettop dalam pembuatannya. Dikarenakan sifatnya yang “low cost” alias berharga murah, maka kebanyakan jenis “Basic Nettop” ini berharga antara $100 hingga $299 per-buahnya.

Nettop dibuat menggunakan jenis Intel Atom prosesor yang hemat biaya yaitu “Diamondville” yang disebutkan dalam presentasi “Business Client Group” Intel, sebagai “tanpa pendingin sistem…tanpa CPU socket…sebuah PSU (power supply unit) yang dioptimalkan” dan “solusi OS yang dioptimalkan.” Intel juga menyebutkan bahwa media penyimpanan akan berpindah dari HDD (hard disk drive) ke bentuk SSD (Solid State Drive) yang akan berakibat pada bertambahnya penghematan biaya yang dihasilkan.

Koneksitas Internet adalah kegunaan utama yang dilihat seorang pengguna dari sebuah Nettop dimana perangkat ini akan dapat menjalankan aplikasi Windows ataupun Linux. Dalam presentasinya tersebut Intel menyebutkan akan membuat lebih dari 60 juta unit Nettop pada tahun 2011.