Next Generation Network

  Ditulis pada Jan 14, 2011 // Networking.  

Semakin berkembangnya teknologi jaringan yang ada saat ini menimbulkan adanya sebuah konsep jaringan Next Generation Network (NGN). Next Generation Network (NGN) adalah teknologi telekomunikasi masa datang yang sebetulnya sudah mulai di dengungkan sejak awal tahun 2000-an.

Menurut Almughaless, A.A. dan Alsaih, A.M. (2010) Telekomunikasi Next Generation Network (NGN) adalah sebuah jaringan packet-switched yang menyediakan berbagai layanan telekomunikasi, menggunakan teknologi transportasi bagi beberapa bandwidth dan kelas layanan. Sedangkan Agus, W.S. dkk (2010) menyebutkan bahwa Next Generation Network (NGN) adalah sebuah terobosan di bidang telekomunikasi dengan pemikiran untuk bermigrasi dari teknologi jaringan konvensional yang berbasiskan jaringan circuit switched seperti PSTN menuju jaringan berbasiskan sistem packet switched seperti pada jaringan Internet Protocol (IP).

Next Generation Network (NGN) dirancang untuk memenuhi kebutuhan layanan komunikasi yang semakin berkembang saat ini. Jaringan tidak lagi diharapkan bersifat Time-Division Multiplexing (TDM), melainkan sudah dalam bentuk paket-paket yang efisien, namun dengan kualitas layanan yang tetap terjaga. NGN mampu mengelola dan membawa berbagai macam trafik sesuai kebutuhan layanan multimedia. Interkoneksi dan konvergensi antara jaringan yang ada saat ini, dan juga jaringan IP akan menghasilkan jaringan yang handal dengan berbagai macam layanan komunikasi. Dengan konsep inilah, teknologi jaringan IP Multimedia Subsistem (IMS) muncul untuk melengkapi teknologi Next Generation Network dengan berbasiskan teknologi softswitch.

Pustaka :

  1. Almughaless, A.A dan Alsaih, A.M. 2010. Next Generation Network Design, Dimensioning & Services Innovation. IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security. VOL.10 No.6. Juni 2010
  2. Agus, W.S et. al. 2010. Analisa Quality of Service (QoS) dari Layanan Video Streaming Pada Jaringan IP Multimedia Subsystem (IMS). Seminar Nasional Sistem dan Informatika 2007. Bali. 16 November 2007