PCI Device Windows XP SP3 error

  Ditulis pada Jul 23, 2008 // Tutorial

Ketika saya beralih dari Windows XP SP 2 ke Windows XP SP 3 v.3264 alias Black Edition yang saya instalkan pada Notebook kesayangan saya (TravelMate 2482 NWXCi) yang kebetulan menggunakan Realtek HDA (High Definition Audio) versi R1.41 untuk device soundcard yang dipakainya. Disini ternyata Windows XP SP3 (Black Edition) mempunyai kendala dalam mengenali PCI device pada audio device dimana PCI device tidak secara default di-load secara otomatis begitu anda menginstal driver soundcard tersebut, sehingga menyebabkan masalah tidak bisanya aplikasi (paket aplikasi driver) dalam menginstal soundcard tersebut. Dapat dicek pada daftar device manager dan muncul sebuah PCI device yang tidak dikenali.

Ini disebabkan karena Windows XP SP 3 (Black edition) versi 3264 tidak mendukung driver Realtek HDA tersebut (service pack 3 release candidate untuk windows xp belum mengikutsertakan dukungan high definition audio). Ini dapat disiasati dengan menginstal hotfix KB888111 SP3 yaitu dukungan HDA untuk Windows XP SP3.

Adapun cara mengatasi masalah tersebut adalah :

  • Anda dapat mengunduh hotfix dukungan HDA untuk SP3 download
  • Ekstrak menggunakan Winrar
  • Buka device manager, klik kanan unknown PCI device yang error tadi, lalu klik update driver, arahkan ke folder tempat ekstrak file yang telah ditentukan sebelumnya
  • Selanjutnya jika proses instalasi driver HDA sudah dilakukan, perangkat HDA akan otomatis dikenali dan dipasang driver-nya.


Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!