Pemanfaatan SMS Gateway dan Web Service untuk Penghitungan Suara pada Sistem Real Quick Count Pilkada OKU (Studi Kasus : Sistem Quick Count Pilkada OKU 2010)

  Ditulis pada May 24, 2014 // Artikel.  

8.-Information-Technology

Abstract
Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) adalah sebuah kegiatan yang melibatkan banyak peran serta baik Sumber Daya Manusia (SDM) yang ikut andil di dalamnya, hingga penggunaan teknologi informasi yang mendukung dalam proses penyelenggaraannya. Pemanfaatan teknologi informasi benar diharapkan akan mampu mempermudah pekerjaan sekaligus untuk mempersingkat pekerjaan dan juga efektifitas SDM yang digunakan dalam Perhitungan Suara dari tingkat bawah (TPS) hingga tingkat Kabupaten (KPUD).

Sistem Perhitungan Cepat secara Riil (Real Quick Count) adalah sebuah metode yang berguna untuk memantau proses pemungutan suara. Dengan menerapkan metode ini dalam pelaksanaan Pilkada OKU, maka efektifitas serta SDM yang terlibat akan dapat diperkecil dengan sarana dan prasarana yang sederhana serta murah namun memberikan hasil perhitungan yang cepat, akurat, dan up to date seperti yang diharapkan.

Keywords : Pilkada, Real Quick Count, Efektifitas SDM