Softswitch

  Ditulis pada Jan 14, 2011 // Networking.  

Menurut Suherman (2006), Softswitch merupakan konsep komunikasi masa depan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Disamping mampu memberikan layanan VoIP, data, dan multimedia, softswitch juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan migrasi bagi PSTN menuju jaringan data. Sebagai konsep yang baru, softswitch juga diharapkan dapat memberikan solusi yang lebih balk bagi berbagai permasalahan yang timbul pads PSTN, baik secara teknis maupun non teknis.

Beberapa hal yang harus dipenuhi oleh softswitch sebagai salah satu komponen NGN adalah:

  1. Mengakomodasi layanan PSTN.
  2. Fleksibel terhadap pengembangan layanan masa depan.
  3. Mengakomodasi integrasi layanan yang memungkinkan pemanfaatan jaringan secara lebih efisien.
  4. Memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan teknis dan non teknis yang terjadi pada jaringan pendahulunya, terutama PSTN.

Secara harfiah, softswitch adalah switching berbasis software. Secara umum sistem softswitch merupakan suatu sistem komunikasi yang menggunakan elemen jaringan berupa software sebagai pusat mengendalian panggilannya. Elemen jaringan ini disebut Softswitch, atau sering disamakan dengan Call Agent, Call Server, atau Media Gateway Controller.

Softswitch merupakan konsep komunikasi masa depan yang dikembangkan dari pendekatan PSTN, VoIP dan jaringan data. Sistem komunikasi ini dirancang untuk dapat memberikan layanan VoIP, data dan multimedia, disamping dirancang juga untuk melakukan penetrasi terhadap PSTN dalam bermigrasi ke jaringan data.

Softswich dikembangkan oleh International Softswitch Consortium (ISC) yang berdiri pada bulan Mei 1999 dan berpusat San Ramon, California USA. ISC mempromosikan Softswitch sebagai arsitektur terbuka dan terdistribusi yang memungkinkan jaringan mendukung layanan voice, data dan multimedia dari perangkat pelanggan ke jaringan core, dan mendukung interworking jaringan dengan aplikasi yang dapat menyediakan kombinasi layanan voice, data dan multimedia tersebut.

ISC menjelaskan softswitch sebagai suatu sistem yang mencakup semua hal yang berkaitan dengan sistem komunikasi NGN yang menggunakan standar terbuka untuk membuat jaringan terintegrasi dengan memadukan kemampuan layanan yang intelligence dalam menangani trafik voice, data dan multimedia secara lebih efisien dan dengan potensi nilai tambah layanan yang jauh lebih besar dari pada PSTN. Migrasi dari switching sirkit ke jaringan berbasis data (paket/frame/sel) yang dikontrol oleh softswitch akan mengalihkan industri telekomunikasi dari lingkungan yang tertutup ke lingkungan yang terbuka.

´╗┐Pustaka :

Suherman, R. F. 2006. Jaringan Telekomunikasi. Departemen Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara. http://e-course.usu.ac.id/ content/teknik/jaringan/textbook.pdf. Diakses pada 10 desember 2010.