Teknik belajar Komputer

  Ditulis pada Oct 07, 2008 // Pribadi

Semua program dan aplikasi komputer menggunakan bahasa inggris, tidak ada yang menggunakan bahasa jawa. Jadi intinya adalah jika kita menguasai bahasa inggris pasti akan sangat gampang belajar komputer. Contoh sederhana adalah kita akan sangat nyambung jika berbicara atau bahkan melucu dengan bahasa yang biasa kita gunakan. Akan sangat tidak lucu jika kita membuat lelucon dalam bahasa yang kita sendiri sangat asing memakainya (bahasa perancis misalnya).

Teknik berkomunikasi sangat mahal harganya karena berkomunikasi yang baik adalah bahasa untuk menyambungkan hal yang tidak nyambung untuk berbagai hal yang sangat berbeda. Contoh Tung Desem Waringin di setiap seminarnya hanya memberikan petuah-petuah yang sangat umum namun dengan bayaran yang sangat tinggi yang “maaf” masih saja laku dengan harga jutaan rupiah dan orang bangga dengan apa yang diperolehnya padahal semua itu ada dalam bahasan Al Qur’an?

Tahukah anda bahwa belajar komputer sangat mudah karena program yang dibuat hanya menggunakan logika si pemrogram dan sedikit ke-nyambungan si programmer dengan apa yang akan dibuatnya dan apa yang konsumen mau?

Tahukah anda bahwa hampir semua program aplikasi komputer mengikut sertakan menu bantu (help) dalam setiap pendistribuasiannya? Dan tahukah dalam setiap menu bantu tersebut telah dijelaskan tentang bagaimana cara penggunaannya hingga anda mampu menguasainya mulai dari nol? Tahukah anda bahwa banyak pengarang buku hanya menerjemahkan bahasan yang di dapatnya dari internet dalam bahasa asing kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasanya dengan gaya bahasa yang “nyambung” agar orang yang malas dan yang tidak dapat membaca bahasa asing dapat membacanya?

Seorang programmer yang handal namun tidak mengetahui bahasa inggris pasti akan sangat kesulitan jika dia menggunakan versi terbaru dari sebuah program yang biasa dipakainya, tahukah mengapa? Ya, jawabannya karena si programmer tidak tahu cara memakainya karena mungkin saja tool, tampilan maupun bahasa yang digunakan dalam versi terbaru tersebut belum dikenal baik olehnya.

Akan sangat berbeda dengan orang komputer yang terbiasa dengan bahasa inggris karena setiap program komputer yang dipakainya menggunakan bahasa inggris yang notabene merupakan bahasa sehari-hari yang dipakainya. Namun tahukah anda bahwa jika kedua poin tersebut digabungkan maka akan menjadi seperti apa anda?

Namun tidak semudah itu me-logika-kan semuanya. Faktor x yang kadang tidak kita pertimbangkan justru menjadi penyebab kegagalan logika tadi, contoh sebuah faktor x tersebut adalah malas! Ya, benar, malas adalah faktor penyebab utama kegagalan semua teori di atas. Orang yang malas akan sangat malas membuka komputernya, membaca buku maupun panduan (menu bantu) cara memakai program tersebut. Faktor x yang lain adalah tidak kuatnya niat (amanah)! Kadang kita malas untuk melakukan sholat yang jika kita waktui hanya 5 menit. Banyak sekali koruptor dan wakil rakyat kita yang tidak amanah menjalankan amanat rakyat dan lebih memilih memperkaya diri sendiri dengan korupsi uang rakyat yang seharusnya diayomi-nya.

Faktor terakhir adalah belajar! Kok belajar? Ya iyalah, tahukah anda seorang professor-pun akan mudah lupa jika tidak pernah mengajar disiplin ilmu yang di milikinya selama 1 tahun. Contoh kasarnya adalah pisau tidak akan tajam jika tidak pernah diasah setelah anda membelinya. Letakkan saja pisau besi anda apa adanya (tanpa diolesi minyak dll) di atas lemari dan tunggu selama 1 bulan, lihat apakah masih tajam memotong kayu sama seperti pertama kali anda membelinya? Demikian juga dengan komputer, dan bidang apapun yang anda kuasai akan sangat mudah anda lupakan jika anda jarang menggunakannya.

Banyak kasus kecil yang kadang tanpa kita sadari merupakan sebuah pelajaran berharga setiap harinya. Analisislah kasus-kasus kecil tersebut dan ambil hikmahnya. Jangan pernah berhenti untuk belajar tentang apapun, karena tanpa anda sadari mungkin hal kecil itu merupakan sebuah hal besar beberapa saat atau bahkan puluhan tahun kemudian. Keahlian dalam bidang analisa jugalah yang membuat para konsultan IT di luar negeri memiliki gaji bulanan seorang presiden di Indonesia

Sorry rada error nih…



1 respon hingga saat ini, komentari?

  1. Eman

    Salut untuk Penulis,thank’s
    Artikel-artikelnya bagus luar biasa !

    Dan bagi Pembaca lain, saya juga ada gratis, Ebook bagus buat Anda,
    Barangkali bisa bermanfaat Silahkan Anda Download.

    Klik Kanan ( Save Target As…..) Link berikut ini :

    Metode terbaru Cara hasilkan uang mudah Lewat Pos :

    http://www.internetmudah.net46.net/Jadi%20Jutawan%20Dengan%20Bisnis%20Via%20Pos.pdf

    Membuat Uang Beranak Pinak secara Mudah,Murah ,dan Halal.

    http://www.internetmudah.net46.net/Beternak%20Uang%20di%20Internet.pdf

    Sukses Selalu Blogger Indonesia !

Pingback/Trackback

Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!