Tentang HTML

  Ditulis pada Feb 16, 2008 // Web Design

PENGENALAN HTML

Sebelum kita bahas lebih detail tentang CSS dan berbagai hal yang berkaitan dengan style tersebut, seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, maka ada baiknya jika kita sedikit belajar lagi tentang bahasa dasar dalam pembuatan dokumen web yang dapat dibuat menggunakan CSS yaitu HTML. HTML atau Hypertext Markup Language adalah sebuah protokol yang digunakan untuk membuat format suatu dokumen web yang mampu dibaca dalam browser dari berbagai platform komputer manapun. Sifat dari bahasa HTML ini adalah client script dimana dokumen tersebut dapat dibuka di dalam komputer stand alone yang tidak membutuhkan server untuk dapat menampilkannya di dalam browser. Dokumen HTML merupakan file yang pada umumnya ber-esktensi .htm atau .html dimana bahasa HTML tersebut tersusun atas tag yang berformat <isi tag>.

Adapun aturan penulisan HTML tersebut adalah :

  • Dalam penulisannya, tag HTML diapit dengan dua karakter kurung siku (angle bracket) “<” dan “>
  • Tag HTML secara normal selalu berpasangan, contoh : <div> dan </div>

  • Tag HTML pertama dalam suatu pasangan adalah tag awal, dan tag kedua merupakan tag akhir, contoh : <index> akan diakhiri dengan </index>.
  • Tag HTML tidak case sensitive dimana tag dengan huruf kecil sama dengan tag dengan huruf besar, contoh : <b> sama dengan <B>.
  • Jika dalam suatu tag terdapat tag lagi, maka penulisan tag akhir tidak boleh bersilang dan harus berurutan. Contoh : <b><i> huruf tebal dan miring </i></b>
  • Penulisan script HTML selalu diawali dengan <html> dan diakhiri dengan </html>

Secara teknis web browser akan melakukan penerjemahan dokumen untuk ditampilkan dalam bentuk html jika dokumen tersebut terdapat diantara tag <html> dan </html>. Ada baiknya dalam penulisan HTML menggunakan huruf kecil untuk menghadapi HTML generasi berikutnya (rekomendasi dari W3C untuk HTML 4.0 dan XHTML)

Dalam HTML struktur dibagi menjadi dua bagian yaitu :

a. Bagian Kepala (head)

Bagian ini memuat informasi mengenai kepala dokumen

b. Bagian Badan (body)

Bagian ini memuat informasi mengenai badan dokumen

Adapun struktur utama penulisan dalam HTML adalah :

<html>

<head>

<!—- Bagian Head –!>

</head>

<body>

<!—- Bagian Body –!>

</body>

</html>

Sedangkan pembuatan dokumen web menggunakan HTML pun sangat mudah karena anda dapat membuatnya menggunakan program editor standar Windows seperti Notepad dan menuliskan bahasa dan aturan HTML dan kemudian menyimpannya dalam ekstensi .htm atau .html.



Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!