Tentang Virus – Bag 1

  Ditulis pada Sep 22, 2007 // Virus

Virus komputer??? Apa yang dimaksud dengan virus komputer??? Bagaimana membuatnya??? Menghilangkannya??? Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh mereka yang sering bergelut dibidang IT atau computer, sebenarnya secara sederhana virus computer dapat dijabarkan sebagai berikut :

Virus Computer adalah sebuah program komputer biasa yang mempunyai rutin atau prosedur untuk mengcopy-kan sebagian atau seluruh bagian programnya kedalam program lain, yang lebih gampangnya disebut menularkan dirinya. Sehingga program yang ditularinya berjalan tidak sebagaimana mestinya, misalnya program berjalan lebih lambat dari biasanya, atau banyak program yang malah tidak berjalan sama sekali. Menurut cara penyebaran / penularanya virus computer dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :

1. OverWriting Virus / Menimpa Target
Virus jenis ini akan merusak file yang ditulari, biasanya virus ini dibuat oleh programer virus yang kurang berpengalaman. karena dia akan menimpa program aslinya dengan program virus itu sendiri, sehingga program aslinya tidak dapat dijalankan. mekanisme penularanya seperti tergambar dibawah ini.
====================== ==============
|0000000- Program Asli-00000| | 1111 – Virus – 111|
à Sebelum Penularan
====================== ==============
======================
|1111-Virus -111|Program Asli|
à Setelah penularan
======================
Disini dapat dilihat program aslinya menjadi lebih pendek, dari sebelumnya, karena virus telah menimpa program tersebut, dan dapat dipastikan program asli tersebut tidak akan jalan,yang jalan hanya virusnya.

2. Appending Virus / Menempel Target
Virus jenis ini merupakan virus tingkat lanjut, dan hanya programer virus tingkat menengah dan lanjut yang dapat memprogram virus jenis ini, karena tingkat kesulitannya lebih tinggi.virus jenis ini biasannya tidak merusak program yang ditulari, sehingga program yang sudah terinfeksi masih dapat dijalankan seperti biasa, dengan catatan tidak ada “BUG” di virus tersebut, sehingga lebih sulit mendeteksi virus jenis ini, sehingga penyebarannya menjadi lebih cepat. mekanisme penyebarannya, seperti dibawah ini :
====================== ===============
| PA | PB | | VA | VB |
à Sebelum penularan
====================== ===============
================================= | VA | PA | PB | VB |
=================================
:…………[……….>……………………….: :
:………………………………………….:
à Setelah Penularan

VA – Header Virus ( intsruksi Jmp – VB)
VB – Badan Virus ( tempat rutin virus)

PA – Header asli Program

PB – Badan Asli Program

3. Spawning virus / Companion
Virus jenis ini lain cara penyebarannya / penularannya, mekanisme penularan dari virus ini adalah dia membuat file dengan nama yang sama dengan file korbannya, tetapi dengan akhiran .COM. karena sisitem komputer MS-DOS mempunyai sistem, yang apabila ada dua nama file yang sama, tetapi extensinya berbeda, yaitu .EXE dan .COM, maka file .COM dahulu yang akan dijalankan, maka dari itu virus ini membuat file dengan nana yang sama dengan korbannya., mekanismenya..
=====================
|—-Program_ Asl.EXE——-|
à PA
===================== .
=====================
|—-Program_asl.COM——-|
à PV
=====================

PA : Program asli akan dijalankan setelah virus menjalankan rutin penularannya

PV : Virusnya yang akan di Exekusi terlebih dahulu

Demikianlah garis besar tentang mekanisme penularan virus komputer, sebenarnya virus komputer masih banyak kategoinya, seperti :

· Menurut media yang ditularkan ( virus file, Boot record, Email dll)

· Menurut Rutin utamanya ( stealth, encrypted, polymorphic, dll)

· Menurut tingkat bahaya, tingkat kecepatan penyebaran, dll

· Menurut bahasa pemprograman yang dipakai ( low level, HLL, HLLW,Script)

· Menurut System operasi ( Dos, Win16, Win32, Linux, dll)

dan masih banyak lagi jenisnya..



5 respon hingga saat ini, komentari?

  1. fatih

    assalamu’alaikum.
    mas,pingin tanya2 dan minta penjelasan pada njenengan tentang “ritual & tools membuat virus”.
    saya seorang mahasiswa di kediri dan saya sangat dasar(boleh juga di bilang “nol” dlm hal program memogram. oleh sebab itu,sudilah kiranya sapean menerima saya sebagai murid.
    mohon balasan di email saya.

    syukron min qoblu wa min qobel.
    Wassalamu’alaikum

  2. admin

    Wa’alaikum salam Wr. Wb

    Duh gimana ya… saya bukan seorang guru yang baik mas. mendingan masnya cari guru yang lain saja yang lebih hebat dari saya..
    lagian banyak juga artikel dari internet lain yang dapat anda gunakan sebagai bahan ajar untuk lebih memperdalam dunia komputer.
    terima kasih…

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  3. juwoto

    asalamualaikum mas….

    mas mohon bantuanya….saya mengalami masalah sepertinya persis ulasan yang pertama atau overwriting virus/menimpa target….
    berikut kronologi riwayat komputet saya….
    karena saya masih nol dalam pengalaman bermaen komputer dan internetan saya sebisa bisanya saja melakukannya.
    nah sya dapat masalah pertama komputer saya sering restart sendiri lalu makin lama windows saya rusak….kemudian saya bawa ke tukang koputer dan bisa di gunakan seminggu kemudian mulai terjadi hal yang sama…..tapi kali ini saya sering update anti virusq dan hasilnya kompiter ms bs bertahan sampai sekarang….namun saya di buat pusing 7 keliling karena ketika aku memasukkan mmc hp saya ternyata komputer gak bisa membaca….kemudian saya melepasnya dan saya cek pake hp kembali….waduh malapetaka itu datang mas…mmcq gak lterbaca di hpq…saya coba ke hp laennya sampai 5 hp gak ada yang bisa….ke komputer laennya ternyata juga gak bisa,,dan tadi tlah di bk dengan program pengembalian file yang disembunyikan virus oleh teman saya ternyata juga gak keliatan file2 itu…mmc saya 2Giga dan infiormasi mmc itu jelas masih ada memory terpakai 1.1m total 1907m…
    yang membuat saya pusing karena di situ banyak file2 yang saya kumpulkan bertahun2 dan gak nungkin mendapatkanya lagi.penting dan hanya satu2nya di hp itu…kalo bisa mas tolong saya karena saya gak tahu lagi harus gimana….
    tolong ya mas…..
    nmr hp saya 085228465100

  4. admin

    terdeteksi namun tidak terlihat isinya atau tidak terdeteksi sama sekali mas? anti virus yg digunakan apa? mohon info sedetail2nya.. tks

  5. juwoto

    saya kirim ke almt email mas

Pingback/Trackback

Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!