Tentang Virus – Bag 2

  Ditulis pada Sep 22, 2007 // Virus

computerworm200.jpgPengertian Virus Komputer
Virus Komputer sebenarnya hanyalah sebuah program komputer biasa pada umumnya, hanya perbedaan terletak pada maksud dan tujuan dari program tersebut dibandingkan program-program lainnya, yaitu Virus Komputer diprogram untuk memperbanyak dirinya sendiri, dengan cara menulari program-program lain.
Mengapa program tersebut dinamakan Virus Komputer?, sebenarnya istilah Virus Komputer itu diambil dari istilah Biologi, yaitu suatu micro organisme yang dapat memperbanyak dirinya sendiri dengan cara menularkan dirinya sendiri pada Organisme lain, istilah “Virus” dikarenakan adanya kemiripan antara penyebaran program virus kedalam program-program lain dan mekanisme penyebaran virus biologis kedalam sel-sel mahluk hidup, sehingga dengan persamaan ini dapat ditarik kesimpulan dan dibuatkan suatu tabel persamaan antara Virus Komputer dengan virus biologis, sehingga dapat kita lihat persamaan antara keduanya.

Berikut ini akan ditunjukan suatu tabel persamaan antara Virus Biologis Dengan Virus Komputer :

Virus Biologis

Virus Komputer

Sejarah Perkembangan Virus Komputer

Berdasarkan perkembangannya teori mengenai Virus Komputer telah ada bersamaan dengan terciptannya komputer, yaitu kurang lebih sekitar tahun 1949 , salah seorang pencipta komputer John Von Newman yang menciptakan Electronic Diskrete Variable Automatic Computer ( EDVAC) , memaparkan suatu makalah yang berjudul “Theory And Organization of Complicated Automata “, dalam makalah ini dibahas tentang kemungkinan program yang dapat memperbanyak dirinya sendiri, dengan cara menyebar dengan sendirinya, pada masa itu Virus Komputer hanyalah berbentuk teori, tanpa adanya praktek pembuatan Virus Komputer itu sendiri.

Selanjutnya perkembangan Virus Komputer itu terjadi di AT&T Bell Laboratory , salah satu laboratorium komputer terbesar didunia yang telah meghasilkan berbagai karya mengagumkan, seperti Bahasa C dan C ++. Di laboratorium ini pada sekitar tahun 60-an, setiap waktu istirahat para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapat memusnahkan program lawan. Program ini bila diserang lawan mempunyai kemampuan membetulkan dirinya sendiri dan balik menyerang program lawan. Selain itu program permainan ini dapat memperbanyak dirinya sendiri secara otomatis. Perang program ini disebut “Core War”, yaitu pemenangnya adalah pemilik program sisa terbanyak, dalam selang waktu tertentu, karena sadar akan bahaya permainan itu, maka program tersebut dimusnahkan setelah permainan.

Pelopor Dibalik Perkembangan Virus Komputer

Sebenarnya Virus Komputer itu tidak berkembang dengan sendirinya, dibalik perkembangan Virus Komputer itu ternyata banyak orang-orang yang mempelopori perkembangannya, mereka yang mengembangkan tehnik-tehnik baru dalam pemprograman Virus Komputer , maupun trik-trik pemprograman virus tersebut.

Diantaranya yang mengembangkan Virus Komputer itu antara lain :

1. Fred Cohen

Dimulainya abad perang Virus Komputer di dunia yaitu pada sekitar Tahun 1980-an, bermula atas pemaparan Fred Cohen, seorang peneliti dan assisten Profesor di Universitas Cicinati, Ohio. Dalam pemaparannya Fred juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaannya: Suatu virus yang dapat menyebar secra cepat pada sejumlah komputer.

Banyak diantara para ahli yang menyalahkan kehadiran Fred Cohen tersebut, namun banyak juga yang menyatakan bahwa sebenarnya virus telah ada jauh sebelumnya, walaupun tidak diketahui kehadirannya saja.

2. Mark Ludwig

Sekitar tahun 1988 Mark Ludwig yaitu seorang lulusan MIT dengan gelar PhD, mengenal sebuah program yang berjangkit dan beroperasi tak terkendali dalam komputer, yang menjadi mata pencahariannya, Mark Ludwig berpendapat Program itu (Virus), memiliki ciri khas seperti mahluk hidup, dan mengangapnya suatu misteri alam, dan Mark Ludwig berusaha untuk mengungkap rahasia alam tersebut. Awal usahanya untuk mendapatkan contoh virus untuk di teliti sangat menyulitkan, usaha Ludwig untuk mendekati perusahaan anti virus untuk mengakses koleksi Virus mereka gagal. Akhirnya Ludwig memutuskan untuk bekerja sendiri.

Ia mendirikan BBS dan memberi hadiah US$25 untuk setiap Virus yang di Upload , upaya ini membuahkan hasil, dan berakhir dengan lahirnya buku tulisannya sendiri “The Little Black Book Of Virus”, buku teknis pertama tentang cara pembuatan virus lengkap dengan contoh 4 code program virus buatannya, buku tersebut banyak mendapatkan kecaman public, tapi Ludwig tetap meneruskan penelitiannya dan kembali menerbitkan bukunya The Little Black Book Of Virus : The Aforemtioned Computer Viruses, Artificial Life, and Evolution“, diterbitkan tahun 1993. Mark Ludwig juga menciptakan sebuah program “Darwinian Genetic Mutation Engine”, yaitu sebuah program bantu yang mengubah virus DOS apa saja menjadi sangat canggih, karena mempunyai kemampuan untuk imunisasi dan bermutasi , agar tidak terditeksi oleh antivirus.

3. Tom Ray

Tom Ray adalah seorang Ekologis Universitas Delaware, pernah menuntut ilmu di Advanced Telecommunication Research Institute International di Kyoto, Jepang, yang menghilang dari hadapan public, memasuki hutan belantara Costa Rica untuk melakukan penelitian. Setelah 2 tahun melakukan penelitian, dan pada tahun 1989, Ray telah melakukan pekerjaan yang penting dalam hidupnya, yaitu penelitian yang mengubah karirnya, ia menciptakan Virus Komputer, persisnya dia menciptakan WORM, sebuah istilah software komputer yang dapat memperbanyak dan mengeksekusi dirinya tanpa tergantung dari program induk yang ditumpangi. Dalam melakukan penelitian terhadap virusnya Ray menciptakan sebuah lingkungan Digital pada komputernya, yang dinamakan Tierra ( Bahasa Spanyol untuk Bumi), dan mulai menciptakan penghuninya, yang belakangan dinamakan penghuni itu dijuluki ” The Ancestor”, ia merupakan Worm Pertama yang diciptakan Ray berupa kode bahasa mesin sepanjang 80 byte dengan kemampuan untuk memperbanyak dirinya sendiri. Saat dilepas dalam lingkungan Tierra mahluk itu segera menyebar dengan cepat dalam satuan menit saja, dan telah menghasilkan varian baru yang hanya berukuran 79 Byte, lebih kecil dari pendahulunya. Setelah beberapa lama Ray menemukan bahwa banyak varian baru keturunan dari “The Ancestor” , yaitu yang berukuran lebih kecil, 45, 51 bahkan 22 Byte. Mahluk yang berukuran 45-51 Byte tersebut bukan lagi Worm, mereka sudah berbentuk Virus Parasit yang memanfaatkan kode-kode produksi dari program lain yang lebih besar. Pada tahun 1994 Ray memiliki ide baru yaitu melepaskan Worm ciptaannya kedalam Global Network, yang dituangkan dalam sebuah dokumen berjudul “A Proposal to Create a Network-Wide Biodiversity Reserve for Digital Organism”, yang berisikan penjabaraan untuk mempercepat Evolusi dalam Tierra.

4. HellRaiser

Seorang pembuat Virus Komputer berumur sekitar 20 tahunan diketahui hidup dari cek pengangguran dan tinggal di kawasan pemukiman pekerja kulit putih di kawasan New York, ia cenderung menghabiskan waktunya di tempat-tempat Video game setempat, namun dibalik itu orang tidak ada yang mengetahui namanya, satu-satunya keahliannya tercermin dari julukannya yang sudah dikenal luas dalam dunia komputer bawah tanah : Hellraiser. Hellraiser adalah pendiri kelompok pembuat virus komputer sedunia yang bernama Phalkon/Skism, dia juga pencipta 40Hex, sebuah tip pemrogramman virus yang dianggap brilian, suatu program virus siap pakai. Hellraiser mengganggap virus adalah suatu bentuk graffiti elektronis, ini tidak mengherankan dikarenakan pada masa mudanya Hellraiser bekerja sebagai seorang tenaga ahli dibidang Graffiti di New York. Pertama kalinya hellraiser mendalami pembuatan Virus Komputer adalah dengan cara mendapatkan code-code virus pada suatu tempat bernama “Virus Exchange” , tapi karena kurangnya dana untuk masuk dalam Virus Exchange membuatnya melakukan manuver alternatif dengan meneliti dan mempelajari contoh virus Jerusalem yang menginfeksi komputernya. Setelah pengamatan dan penelitian berminggu-minggu lahirlah Virus Komputer pertamanya yang bernama “SKISM-1”, tapi Hellraiser belum merasa puas karena virusnya itu hanyalah hasil modifikasi dari virus Jerusalem, sehingga dia kembali mempelajari dan mendalami bahasa assembly DOS, dan mulai mengenalkan virusnya serta menyebarkan tehniknya pada kalangan UnderGround New York melalui layar BBS Hack/Phreak, dan membuat komunikasi dengan pembuat virus lainnya yang tergabung dalam kelompok Legions Of Doom, MOD, Chaos Club, kemudian hellraiser mulai mendirikan grupnya sendiri yang bernama SKISM ( Smart Kids Into Sick Method) dan bertujuan untuk memperdalam keahlian membuat virus pada anggotannya. Dan mulai menyebarkan virus 40Hex buatannya ke Virus Exchange. Tehnik 40Hex diperkenalkan pada bulan meret 1991.

Setelah beberapa tahun SKISM mulai bergabung dengan kelompok lain di New York, PHALCON dan membentuk super grup Phalcon/Skism, juga telah bergabung beberapa kelompok lain seperti NUKE (koalisi antara Kanada, Australia, Swiss, Taiwan) dan muncul group-grup lain seperti Trident dari Eropa dan kelompok Zines, setelah itu perkembangan Virus Komputer semakin meluas didunia.

4. Perkembangan Selanjutnya

Sehabis masa-masa pelopor pembuat Virus Komputer tersebut baru bermunculan pembuat virus dari berbagai negara, Indonesia termasuk salah satunya, sehingga tehnologi pembuatan virus komputer semakin berkembang dikarenakan banyaknya virus-virus yang dimodifikasi dengan ditambah tehnologi baru untuk menghindari Scaning Terhadap AntiVirus, dan banyak program-program Generator untuk virus yang di sebarkan secara luas, yang dapat membuat virus Instan/ virus yang langsung jadi tanpa pembuatnya mengerti tentang assembly, contohnya Virus Creation Laboratory (VCL) yang dibuat oleh Nowhere Man, salah seorang anggota NUKE, Phalcom/ Mass Production Code Generator (PS-MPC) dari Phalcom/Skism, Instant Virus Production Kit (IVP) dari Admiral Baily , seorang anggota YAM (Youngster Against McAfee), dan lain sebagainya, yang turut menggembangkan dan memperluas perkembangan virus komputer di dunia.



2 respon hingga saat ini, komentari?

  1. reza

    mas caranya buat virus tu pake program apa?balas maas dengan langkah2nya

  2. budi

    kalo buat virus bisa pake apa aja, asal bisa jalan di komputer target. Pake bahasa VB bisa jalan di windows tapi ga bisa jalan di Linux kan? Kalo cari aman ya blajar dulu bahasa C/C++ atau yang lain. Kalo bisa assembly atau kode biner mungkin lebih canggih lagi tuh hehehe… tapi kalo masih script kiddies/newbie ya pake aja generator yang udah jadi

Pingback/Trackback

Komentari

Anda dapat menuliskan apapun yang anda inginkan, tapi ingat blog ini bukan tempat iklan anda, NO SPAM!