Yahoo! Publisher Network

  Ditulis pada Aug 28, 2008 // Afiliasi.  

Yahoo Publisher Network BetaYahoo! Publisher Network (disingkat YPN) adalah sebuah jaringan beta, diluncurkan pada tanggal 2 agustus 2005 oleh Yahoo!. Dikarenakan masih dalam layanan Beta, maka saat ini hanya menerima penerbit (publisher) yang berdomisili di amerika. Diyakini bahwa nantinya Yahoo! akan mengembangkan jaringan ini tidak lagi menggunakan embel-embel beta dibelakangnya. YPN menyediakan layanan iklan contextual berbasis CPC (cost per click) seperti halnya layanan Google Adsense yang lebih dulu hadir, dan seperti halnya Google dengan Google Webmaster Tool-nya, maka YPN juga dilengkapi dengan berbagai tool dan layanan untuk membantu penerbit dalam membangun dan meningkatkan kemampuan website yang dibuatnya.

Yahoo! Publisher Network juga dikenal sebagai sebuah layanan iklan yang berada pada alamat URL http://publisher.yahoo.com. Layanan iklan dari Yahoo! ini sangat terkenal dan memiliki jaringan besar seperti Google Adsense. Layanan iklan dari Yahoo! ini akan menampilkan iklan yang sesuai dengan isi dari situs anda, dimana anda dapat menghasilkan uang dari klik iklan yang disetujui berdasar pada persetujuan yang berlaku dari Yahoo! Publisher. Anda akan dibayar secara cepat melalui opsi pembayaran paypal dan anda juga dapat menghasilkan tambahan uang dalam akun paypal anda dengan mendepositokan dana anda ke dalam PayPal’s Money Market Reserve Fund. Sayangnya syarat untuk dapat berpartisipasi dalam program ini adalah anda diharuskan memiliki U.S Social Security yang valid, atau nomor Tax ID, dan sebuah situs web yang berbahasa Inggris dan ditargetkan untuk pengguna situs berbasis di Amerika Serikat.

Pada bulan mei 2006, YPN membuat beberapa kontroversi dengan mematikan akun-akun yang digunakan untuk layout situs MySpace. Namun alasan Yahoo! adalah karena kualitas traffic yang sangat rendah waktu itu.